Sepotong Daging dan Seikat Sayur   8 comments

Kata Vegetarian berasal dari bahasa Latin : Vegetus, bermakna sempurna, segar, hidup alami. Chrissie Hynde : Daging ataupun bangkai mayat, sewajarnya dikubur dalam tanah, bukan dimakan ! Mari kita adakan perbandingan antara sepotong dan seikat sayur : Sepotong daging tanpa diberi pewarna maupun bahan pengawet, diletakkan di atas meja sejak pagi hingga sore, akan menjadi basi, berbau busuk dan beracun, berwarna hijau keabuan seperti mayat umumnya. Sedangkan seikat sayur yang tergeletak dari pagi hingga sore, hanya kelembabannya yang sedikit berkurang, tetapi sayur itu tetap segar, harum dan menyehatkan ! Memetik sehelai daun dari seikat sayur untuk dimakan, ini sangat alami, bukan pengalaman yang menyeramkan, tidak akan mendatangkan kecaman nurani, penuh kedamaian. Sebaliknya, mematahkan atau mencabik sepotong kaki dari ayam untuk dimakan, sungguh tidak alami, bahkan adalah pengalaman yang mengerikan, mendatangkan deraan Nurani, perasaan tidak tenang, tekanan psikologis, penderitaan batin. Daun sayur yang dipetik dari tumbuhan, tidak memiliki syaraf perasa sehingga tidak mengalami sakit ataupun tersiksa, bahkan akan segera digantikan dengan tumbuhnya daun baru. Tetapi, ketika kaki ayam dipatahkan, rasa sakit yang mengerikan berlangsung lama dan penuh penderitaan ! Kaki ayam yang telah dipotong itu tidak akan bisa tumbuh lagi ! Sayur-mayur tidak memiliki wajah, mata, maupun panca-indera. Semua hewan memiliki wajah, mata, panca-indera yang lengkap, dan keluarga. Lisa Kudrow, pemeran Phoebe dalam Serial Friends, berkata tentang vegetariannya,” Saya tidak makan sesuatu yang mempunyai wajah.” Dunia flora / tanaman hanya memiliki daya tumbuh dan berkembang sendiri secara alami yang tiada batas, tiada syaraf (tiada Roh) yang bisa merasa sakit, serta akan berkembang terus sebagai satu entitas yang bersifat alami. ( Lihatlah setiap bagian dari tanaman dapat dengan mudah tumbuh berkembang berlaksa-laksa, baik lewat biji, bibit, cangkok, stek batang, dll). Dalam dunia flora, tiada ikatan batin, perhatian atau rasa cinta pada generasi selanjutnya.

Dalam dunia hewan, ada ikatan emosional timbal-balik antara induk dan anaknya : Pada suatu hari, anak-anak ayam kehilangan induknya, mereka di pekarangan hanya menemukan bulu sang induk yang berdarah, walaupun anak-anak ayam bercicit memanggil induknya hingga menangis, tetapi ia sudah mati, dan anak-anaknya tak menyadarinya. Mereka tetap berkumpul menjaga bulu induknya. Mereka berduka dan mengharap cinta induknya. Dapatkah perasaan ini dirasakan oleh manusia ?”. Perpisahan pada waktu hidup, terasa sedih dan pilu di hati. Maka pada waktu berangkat, kepala selalu menoleh melihat ke belakang. Kali ini aku pergi, mungkin sekali tak akan kembali. Anak-anakku, mengertikah kalian akan nasibku sekarang ?”. Tumbuh-tumbuhan tidak memberikan reaksi kesakitan, maupun pilu atau mengibakan, yang membuat orang bisa timbul rasa kasihan untuk tidak memetiknya. Hewan akan langsung merasa sedih dan ekspresi mereka memohon belas kasihan, reaksi mereka amat menyayat hati. Sayur-mayur tidak memiliki air mata dan tiada ekspresi ketakutan. Hewan akan ketakutan bahkan menangis, berusaha melarikan diri untuk bertahan hidup ketika merasa akan dibunuh. Hewan, seperti halnya manusia, masing-masing hidup karena adanya fungsi Roh di setiap individu yang berbeda-beda dan khusus dalam setiap bentuk kehidupan bernyawa, bukan pemberian Alam, melainkan adalah Roh Karunia Tuhan yang sangat khusus dan istimewa dalam setiap raga makhluk. Jadi, hewan bukanlah makanan ! Sepotong daging atau seikat sayur, akan menghadirkan derita atau sukacita di Bumi, Andalah yang menentukan !
Klorofil pastilah bukan kata yang baru bagi Anda. Selama bertahun-tahun, ilmu pengetahuan alam dan penelitian ilmiah telah mengungkapkan berbagai manfaat klorofil bagi kesehatan. Apa klorofil sebenarnya, apa yang membuatnya begitu istimewa dan keuntungan apa yang bisa Anda dapatkan dari klorofil? Berikut uraiannya untuk Anda. Klorofil atau yang biasa dikenal dengan zat hijau daun, sama seperti namanya, merupakan kandungan yang menyebabkan warna hijau pada tanaman. Apa yang dilakukan klorofil? Klorofil ini akan menyerap energi dari matahari untuk berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan. Klorofil ini sama seperti darah pada manusia. Zat ini sangat berperan dalam fungsi metabolisme seperti pertumbuhan dan respirasi tumbuhan. Yang lebih menarik lagi, komposisi kimia klorofil hampir sama dengan komposisi darah manusia. Bedanya, atom sentral klorofil adalah magnesium sedang atom sentral manusia adalah besi. Hal ini, ditambah dengan pentingnya klorofil dalam proses metabolisme tumbuhan menarik perhatian ilmuwan untuk mencari tahu kemungkinan apakah klorofil bisa mendatangkan manfaat yang sama pula pada manusia. Hasilnya, banyak penelitian yang telah menemukan manfaat klorofil bagi kesehatan manusia. Klorofil mengandung antioksidan, antiperadangan dan zat yang bersifat menyembuhkan luka. Klorofil juga dalam menstimulus sel-sel darah merah untuk menyediakan suplai oksigen, bersama dengan vitamin lain seperti vitamin A, C, dan E, klorofil terbukti bisa membantu menetralkan radikal bebas yang merusak sel-sel yang sehat. Klorofil mengurangi kemampuan zat-zat karsinogen untuk mengikatkan diri pada DNA dalam organ-organ utama. Klorofil mengandung zat anti mutasi dan anti karsinogen yang berfungsi melindungi tubuh melawan racun-racun serta mengurangi efek samping obat. Sumber klorofil yang paling nyata adalah sayuran hijau. Akan tetapi, labih baik di konsumsi dalam keadaan mentah. Klorofil akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan jaringan dan organ, serta memperbaiki kesehatan Anda. 🙂

Iklan

Posted Desember 5, 2010 by Happy 24 Jam in Uncategorized

Tagged with

8 responses to “Sepotong Daging dan Seikat Sayur

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya punya teman vegetarian. Kalau jalan kaki,dia yang paling jago dan tahan lama.Yang lain dah ngos-ngosan (sama-samabukan perokok),tapi sangvegetarian benar-benar punya endurance lebih baik.

  2. (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Terima kasih atas kunjungannya di Alamendah’s Blog

  3. makanan vegetarian emang jelas sehatnya

  4. Banyak belajar tentang vegetarian di sini, salam kenal ….

  5. hehheh… saya dulu suka sekali makan sayur2an mentah buat lalapan… tapi setelah baca republika…kalo nggak salah judulnya “LALAPAN PESTISIDA”

  6. Kembali ke sayuran bikin sehat

  7. kunjungan balik neh…
    keren blog nya.., banyak info bermanfaat…

    mhn ijin link anda sya cantumkan di blog roll sya…
    thanks ya…

  8. “Jadi, hewan bukanlah makanan !”
    Hm… Agak sedikit menggelitik, namun cukup masuk akal juga ya

    Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: