Gizi   Leave a comment

Gizi merupakan sebuah proses di mana makanan dikonsumsi, diserap dan dimanfaatkan oleh organisme seperti tumbuhan, hewan dan manusia. Bagi manusia salah satu tujuan utama gizi adalah penyediaan energi. Adanya energi membuat kita mampu melakukan berbagai aktivitas fisik dan menjalankan berbagai proses dalam tubuh. Zat gizi yang diperoleh dari makanan, akan memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Di samping menyediakan energi, zat gizi penting untuk pertumbuhan, menjalankan berbagai proses penting di dalam tubuh, bahan untuk pembentukan otot, tulang, dan sel-sel darah. Untuk mempertahankan derajat kesehatan kita harus mengkonsumsi gizi seimbang. Ini berarti kita harus mengkonsumsi makanan yang bervariasi, terdiri dari empat kelompok makanan dengan proporsi yang sesuai. Jika gizi tidak seimbang akhirnya orang akan menderita sakit. Kurang gizi merupakan akibat dari cara makan yang salah. Kurang gizi berbeda dengan kelaparan, tetapi karena salah cara memilih makanan. Kelaparan adalah suatu keadaan di mana tubuh tidak mendapatkan masukkan makanan sama sekali. Diperkirakan sekitar empat puluh juta orang meninggal kerena kelaparan tiap tahun di dunia ini. Namun, di negara seperti Amerika Serikat diperkirakan satu juta orang meninggal karena penyakit yang terkait dengan kelebihan/kekurangan gizi setiap tahunnya.

Mencapai derajat kesehatan yang baik seharusnya bukan masalah bagi orang Amerika, karena makanan berlimpah, namun kenyataannya tidak demikian. Mencapai derajat kesehatan yang baik menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Penyebabnya antara lain terlalu banyak makanan terolah di pasaran, banyak makanan tinggi kolesterol, lemak dan gula, serta kurang olahraga. Orang banyak mengkonsumsi makanan yang dikategorikan junk food sambil nonton TV. Karena itu, banyak orang kegemukan, namun kurang zat gizi/beberapa zat gizi tertentu. Untuk meluruskan hal ini, sebaiknya mempelajari empat kelompok makanan untuk dipilih dalam menyusun menu seimbang. Kita harus ingat : diet sehat adalah diet yang kaya akan zat gizi, rendah lemak, kolesterol, gula, dan garam. Tetapi harus yang segar alami. Untuk Indonesia empat kelompok makanan yang dimaksud : makanan pokok, lauk, sayuran dan buah-buahan. Susunan hidangan sehari-hari sebaiknya terdiri dari empat kelompok makanan. Penyajiannya harus menarik, setelah dimasak dengan cara yang benar, dengan sanitasi yang baik dan terhindar dari berbagai macam zat racun.  Diusahakan selalun makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar. 🙂

Posted November 12, 2010 by Happy 24 Jam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: